Minggu, 28 Februari 2010

Tau kah Anda?! Apa yang dimaksud dengan desain pemodelan grafik ???

apakah yang dimaksud Desain Permodelan Grafik??

Sebelumnya,kita cari tau dulu apa itu Desain,Permodelan dan Grafik komputer.

Desain biasanya diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses".


Pemodelan dalam suatu rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal. Di dalam suatu rekayasa dalam perangkat lunak sebenarnya masih memungkinkan tanpa melakukan suatu pemodelan. Hal itu tidak dapat lagi dilakukan dalam suatu industri perangkat lunak. Pemodelan delam perangkat lunak merupakan suatu yang harus dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.

Jika,kita sudah mengetahui arti masing-masing. Maka dapat di artikan desain pemodelan grafik adalah : Proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik
komputer:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
/behaviour objek bergantung waktu.



Kerangka Grafik Komputer :

Aplikasi model - aplikasi program - Graphics Library - Komputer

Keterangan:

1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah
perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll.

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk.
Bentuk belajar di pemodelan geometris kebanyakan dua atau tiga-dimensi, walaupun banyak dari alat-alat dan prinsip-prinsip dapat diterapkan pada set yang terbatas dimensi. Kini kebanyakan pemodelan geometris dilakukan dengan komputer dan komputer berbasis aplikasi. Dua-dimensi model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk komputer-aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam banyak diterapkan bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.
Geometris model biasanya dibedakan dari prosedural dan object-oriented model, yang menentukan bentuk implisit oleh opaque algoritma yang menghasilkan penampilannya. . Namun, pembedaan ini sering kabur: misalnya, sebuah gambar digital dapat diartikan sebagai kumpulan berwarna kotak-kotak dan bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran yang didefinisikan oleh implisit persamaan matematika. Also, a fractal model yields a parametric or implicit model when its recursive definition is truncated to a finite depth. Juga, sebuah fraktal model menghasilkan parametrik atau implisit model ketika definisi rekursif dipotong untuk yang terbatas kedalaman.

0 comments:

Posting Komentar