Jumat, 12 Februari 2010

Perkembangan Teknologi Media Digital dan Game

Sekarang ini sudah banyak hiburan yang bersifat interaktif dan disertai dengan visual efek yang dibuat dengan computer, contohnya game. Perkembangan teknologi game berlangsung dengan cepat, dalam waktu sekitar setengah abad game berkembang dari tingkat kualitas grafik yang rendah sampai dengan tingkat kualitas grafik yang hampir terlihat nyata, dari game yang dulunya dengan tampilan hitam putih dan bunyi “tat..tit..tut” sampai dengan game seperti sekarang. Bahkan industri Teknologi Media Digital dan Game sekarang telah memiliki revenue yang lebih besar dibandingkan dengan industri perfilman.

Perkembangan kebutuhan game ini pun juga diikuti oleh konsol-konsol game yang terus mengeluarkan produk-produk terbaru dan tercanggih mereka yang mampu mendukung game dengan kualitas yang lebih baik. Seperti Microsoft yang mengeluarkan Xbox 360, Sony dengan PS3 -nya, dan Nintendo dengan Wii –nya.

Pembuatan game yang menarik dan berkualitas tidak lah mudah. Ada banyak unsur penting yang ada dalam pembuatan game dan juga keterlibatan banyak pihak, seperti: artis, desainer, animator, dan sarjana teknik yang menangani hardware maupun software. Selain itu, media yang digunakan untuk menjalankan game pun beragam, tidak hanya dengan Konsol Game Rumahan (home game console) tetapi sekarang game juga menggunakan media PC/Laptop dan Handphone. Dengan menggunakan PC/Laptop dan Handphone, game bisa dimainkan secara online, sebuah game dapat dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan dengan memanfaatkan jaringan teknologi informasi yang ada. Karena itu lah game online atau game yang dimainkan oleh multiuser melalui jaringan computer banyak diproduksi sekarang.

Perkembangan teknologi dan nilai seni dari game yang sedemikian rupa telah membuat banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain game, ini adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi beberapa tahun lalu dimana game yang ada tidak begitu menarik. Teknologi game pun tidak akan berhenti sampai disini, teknologi ini akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi dimasa depan.

Jadi tertarik buat mendalami bidang game… :D , tapi di Indonesia masih jarang Universitas yang membuka bidang Game Engineer, setahu saya cuma ada di ITB program pasca sarjana di Prodi Teknik Elektro. Kalo di luar negeri denger2 udah ada program s1 Game Engineer. Wew.

0 comments:

Posting Komentar